Memilih Fotografer yang Tepat Untuk Pernikahan Anda

Memilih Fotografer yang Tepat Untuk Pernikahan Anda

Memilih fotografer yang tepat untuk pernikahan Anda bukan perkara sepele. Pernikahan adalah salah satu hari terpenting dan paling membahagiakan dalam hidup Anda dan pasangan. Tentunya, Anda ingin mengabadikan kenangan manis itu dalam bentuk dokumentasi yang indah.

Tidak seperti benda-benda lain yang menunjang acara pernikahan Anda seperti dekorasi, musik, suvenir atau pilihan makanan yang dapat segera Anda lupakan, foto dan video pernikahan akan Anda lihat seumur hidup. Itu sebabnya Anda harus memilih fotografer yang tepat untuk memastikan foto dan video pernikahan Anda sesuai dengan keinginan dan ekspektasi.

8 Langkah untuk memilih fotografer yang tepat untuk pernikahan Anda
Memilih fotografer untuk pernikahan Anda sebenarnya tidak terlalu sulit jika Anda memahami caranya. Simak 8 langkah yang dapat Anda lakukan untuk memilih fotografer yang tepat untuk acara pernikahan Anda dan pasangan.

  1. Tentukan style dan budget
    Sebelum mulai mencari kandidat fotografer pernikahan, ada baiknya Anda dan pasangan menentukan gaya atau style foto yang Anda inginkan. Selain itu, tetapkan budget untuk fotografi sejak awal sehingga Anda bisa langsung mengeliminasi vendor foto di luar budget Anda.
  2. Mulai lakukan pencarian
    Anda bisa melakukan pencarian fotografer pernikahan lewat internet dengan mudah. Kunjungi forum-forum pernikahan dan lihat review vendor foto para calon pengantin. Selain itu, ada baiknya Anda menanyakan kepada teman-teman atau saudara yang sudah melangsungkan pernikahan tentang vendor foto yang dulu mereka gunakan. Tanyakan langsung mengenai kinerja fotografer dan hasil fotonya.
  3. Pelajari portfolio kandidat
    Setelah mencari dan membaca review puluhan vendor foto, mulailah menyortir kandidat yang Anda anggap paling sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan sekaligus mendekati budget yang Anda tetapkan. Pelajari hasil foto masing-masing kandidat. Perhatikan angle, pewarnaan dan style foto mereka, apakah sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk juga mengecek hasil video masing-masing vendor jika Anda tidak ingin mengambil vendor video terpisah.
  4. Atur jadwal pertemuan dengan kandidat
    Melihat hasil akhir atau portfolio saja belum cukup untuk memilih fotografer pernikahan Anda. Setelah melakukan penyortiran lanjut dan memperkecil jumlah kandidat menjadi 3-5 vendor, sebaiknya Anda menemui masing-masing kandidat. Selain bisa mendapatkan penjelasan lebih dalam mengenai foto yang mereka tawarkan, Anda juga bisa melihat apakah kepribadian Anda dan fotografer cocok. Jika Anda menilai kandidat fotografer kurang menyenangkan untuk diajak kerja sama, sebaiknya Anda melupakan kandidat tersebut.
  5. Cari tahu paket yang ditawarkan
    Setiap vendor tentu menawarkan paket yang berbeda. Pelajari setiap paket yang dimiliki masing-masing vendor agar Anda tahu apa saja yang Anda dapatkan. Apakah paket sudah termasuk album foto, CD kompilasi foto, mini studio, edit video (jika vendor video digabung) dan sebagainya. Jangan ragu untuk menanyakan kepada fotografer apakah Anda masih bisa menegosiasikan biaya dengan melakukan customize paket. Misalnya, jika vendor foto menawarkan paket dengan foto dokumentasi dan candid untuk acara akad dan resepsi, tanyakan apakah memungkinkan jika Anda hanya ingin foto candid pada salah satu acara sehingga bisa memangkas biaya.
  6. Tanyakan waktu penyelesaian
    Selain menanyakan rincian paket dan biaya, pastikan Anda juga mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan vendor untuk memberikan hasil foto dan/atau video. Beberapa vendor membutuhkan waktu 1-2 bulan, namun ada juga vendor yang butuh waktu lebih lama. Pastikan Anda nyaman dengan waktu penyelesaian yang ditetapkan vendor.
  7. Minta rincian paket yang disepakati
    Jika Anda sudah menetapkan fotografer pernikahan Anda, mintalah agar mereka mengirimkan rincian penawaran paket dan harga yang telah disepakati. Ini penting karena biaya adalah masalah sensitif. Jika dibutuhkan, cetak rincian paket dan harga tersebut untuk ditandatangani kedua belah pihak guna menghindari perselisihan di masa mendatang.
  8. Jelaskan secara detil keinginan Anda dan pasangan
    Ada baiknya Anda menghubungi kembali fotografer pernikahan Anda 1-2 minggu sebelum hari H. Jelaskan kembali dengan detil apa yang Anda inginkan untuk foto-foto pernikahan Anda dan pasangan. Informasikan kepada fotografer pukul berapa sebaiknya mereka mulai mengambil foto persiapan. Beritahukan juga apabila Anda dan pasangan berangkat ke venue dari lokasi yang berbeda, karena tim fotografer bisa mengatur penempatan anggota tim.

Itulah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam memilih fotografer yang tepat untuk pernikahan Anda dan pasangan. Semoga berhasil!

Leave a Comment: